Skip to main content
Goomell

follow us

Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab Yang Benar

Goomell ~ Ucapan Terima Kasih adalah sebuah ucapan untuk seseorang yang telah memberikan sesuatu kepada kita atau untuk seseorang yang telah berbuat baik sama kitta. Dengan kebaikan yang sudah kita terima maka sebagai balasan yang benar adalah mengucapkan terima kasih untuk orang baik tersebut.

Dalam Bahasa Arab mengucapkan terima kasih yang benar adalah dengan menggunakan kata-kata yang baik dan juga sopan. Dalam bahasa arab tentunya sebuah ucapan itu bisa dilakukan dengan tulisan ataupun mengucapakan langsung secara lisan. Untuk ucapan langsung secara lisan maka Anda harus faham huruf Arab dan cara membacanya.

Baca Juga Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Korea

Di sini Goomell akan memberikan beberapa contoh Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab Yang Benar untuk anda. Dan contoh yang akan saya berikan disini akan saya lengkapi dengan tulisan huruf arab, bacaan bahasa arab, dan juga artinya. Dengan demikian saya rasa akan memudahkan anda yang kemungkinan saat ini sedang ingin mgucapkan terima kasih mengguanakan bahasa Arab.

Baca Juga Ucapan Selamat Menikah Dalam Bahasa Arab Yang Baik

Menurut syariah dan ekspresi islam mengucapkan terima kasih biasanya menggunakan Jazakallah Khoir (bahasa Arab: جزاك الله خيرا) . yang artinya: Semoga Allâh membalas Anda [dengan] kebaikan. jazakallahu khairan sering sekali digunakan oleh umat Islam dengan keyakinan bahwa seseorang tidak akan dapat memenuhinya kecuali atas izin Allâh.

Ucapan terimakasih menggunakan Jazakallah Khoir (bahasa Arab: جزاك الله خيرا) yang wajib anda ketahui bahwa ada beberapa farse untuk mengucapkannya dengan lafadz yang berbeda yaitu sebagai berikut :

  • Untuk Kamu Laki-laki Tunggal (ك-Ka) :  ( جَزَا كَ الله خَيْرًا  ) Jaza-Kallah Khairan  Artinya : Semoga Allah Membelas-mu dengan kebaikan yang Banyak. Ucapan terima kasih ini digunakan untuk laki-laki tunggal.
  • Untuk Kamu wanita Tunggal- (ك-ki) : (  جَزَا ك الله خَيْرًا ) Jaza-Killah Khairan.  Artinya : Semoga Allah membalas-mu dengan kebaikan yang banyak. Ucapan terima kasih ini digunakan untuk wanita tunggal.
  • Untuk laki-laki jamak – (كم-kum ) : (  جَزَا كُمُ الله خَيْرًا ) Jaza-Kumullah Khairan. Artinya : Semoga Allah Membalas-kalian dgn kebaikan yg banyak. Ucapan terima kasih ini digunakan untuk laki-laki jamak (laki-laki orang banyak).
  • Untuk Perempuan Jamak- (كن-Kun) : ( جَزَا كن الله خَيْرًا ) Jaza-Kunallah Khairan. Artinya : Semoga Allah Membalas-kalian dgn kebaikan yg banyak. Ucapan terima kasih ini digunakan untuk wanita jamak (wanita orang banyak).
  • Untuk laki-laki dan perempuan jamak – (كم-kam ) :( جَزَا كم الله خَيْرًا ) Jaza-Kamallah Khairan. Artinya : Semoga Allah Membalas-kalian dgn kebaikan yg banyak. ucapan terima kasih ini digunakan untuk orang banyak (laki-laki dan perempuan).
Ada juga yang menggunakan kata umum dalam bahasa arab untuk mengucapkan terimakasih. di sini saya juga akan berikan sedikit contohnya.

Berikut ini adalah contoh ucapan terima kasih dalam bahasa arab :

  • ( شُكْرًا كَثِيْرًا )  syukran katsiiran. Artinya: Terima kasih banyak.
  • ( شَكَرَ - يَشْكُرُ )  syakara - yasykuru. Artinya: Berterima kasih.
  • ( شُكْرًا ) syukran / syukron. Artinya: Terima kasih.
  • ( شُكْرًا جَزِيْلًا ) syukran jaziilan. Artinya: Terima kasih yang sebesar-besarnya.
  • ( شُكْرًا لَكَ ) syukran laka. Terima kasih untukmu (laki-laki).
  • ( شُكْرًا لكِ ) syukran laki. Terima kasih untukmu (perempuan).
  • ( شُكْرًا يَا حَبِيْبِي ) syukran yaa habiibii. Artinya: Terima kasih sayang (untuk laki-laki).
  • ( شُكْرًا يَا حَبِيْبَتِي ) syukran yaa habiibatii. Artinya: Terima kasih sayang (untuk perempuan).
  • ( شُكْرًا عَلَى دُعَائِهِ ) syukran 'alaa du'aa-ihi. Terima kasih atas doanya (untuk laki-laki).
  •  ( شُكْرًا عَلَى دُعَائِهَا ) syukran 'alaa du'aa-iha. Terima kasih atas doanya (untuk perempuan).
  • ( عَفْوًا ) 'afwan. Artinya: Sama-sama atau terimakasih kembali.
Semua contoh di atas bisa anda gunakan untuk ucapan terima kasih dalam bahasa arab sesuai dengan kebutuhan atau kepada siapapun, laki-laki atau perempuan, jamak atau tunggal, sesuai dengan contoh di atas.

Baiklah cukup sampai disini pembahasan tentang ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Arab Yang Benar. Saya mohon maaf jika ada salah kata ataupun salah dalam penulisan. semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar