Skip to main content
Goomell

follow us

Ucapan Semoga Cepat Sembuh Dalam Bahasa Arab

Ucapan semoga cepat sembuh adalah sebuah ucapan yang kita ucapkan untuk orang yang sedang sakit, entah itu saudara, orang tua, kerabat, pacar atau yang lainnya. Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana mengucapkan semoga cepat sembuh dengan menggunakan bahasa Arab.

Ucapan Semoga Cepat Sembuh Dalam Bahasa Arab Secara Islami adalah sebuah alunan Do'a yang kita ucapkan dengan menggunakan bahasa arab. Di saat kita sedang menjenguk ketika ada seorang teman, saudara, pacar atau kerabat yang sakit maka yang akan kita ucapkan adalah menDo'akan semoga cepat sembuh dari sakit yang sedang di deritanya.

Mengunjungi atau menjenguk orang yang sakit termasuk salah satu hak seorang Muslim. Sebagaimana hadis Nabi Muhammad yang mengatakan “hak seorang Muslim yang harus ditunaikan ada lima, di antaranya menjawab salam, mendoakan saudara sesama Muslim yang bersin, menghadiri undangan, menjenguk yang sakit, dan mengantarkan jenazah Muslim yang lain”.

Di dalam bahasa arab untuk mengucapkan semoga cepat sembuh atau mendoakan orang yang sedang sakit ada bermacam-macam, Tergantung pada untuk siapa ucapan tesebut kita ucapkan. Untuk seorang perempuan, seorang laki-laki, mereka (laki-laki), mereka (perempuan) maka ucapannya tidaklah sama dan saya akan memberikan contohnya untuk kalian disini.

Baiklah langsung saja kita ke topik utama yakni ucapan semoga cepat sembuh dalam bahasa arab. Disini saya akan memberikan contoh ucapan yang harus kita ucapkan ketika menjenguk orang sakit. Ucapan yang akan kita ucapkan adalah dengan menggunakan bahasa arab, dan artinya juga akan saya sertakan sehingga kalian mengerti tentang apa arti dari ucapan dalam bahasa arab tersebut.

Berikut adalah Ucapan Semoga Cepat Sembuh Dalam Bahasa Arab

  • شفاك الله (Syafakallah) Artinya: Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (laki-laki).
  • شفاك الله (Syafakillah) Artinya: Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan).
  • شفاكم الله (Syafakumullah) Artinya: Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (laki-laki).
  • شفاه الله (Syafahullah) Artinya: Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki).
  • شفاها الله (Syafahallah) Artinya: Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).
  • شفاهم الله (Syafahumullah) Artinya: Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (laki-laki).
  • شفاهن الله (Syafahunnallah) Artinya: Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan). 
Jika Syafakallah diartikan dengan “Semoga Cepat sembuh” tentu diucapkan kepada semua orang. sedangkan untuk anaknya laki laki “Syafahullah”, dan kalau anaknya perempuan (Syafahallah).

Doa Semoga Lekas Sembuh Saat menjenguk Orang Sakit

Doa ini bisa di ucapkan saat mendenga kabar Ada orang yang sakit atau ketika menjenguk oang yang sedang sakit. Berikut adalah doa yang telah di ajarkan oleh nabi Muhammad SAW kepada kita sebagai umatnya. yang Anda bisa ucapkan untuk mendoakan semoga lekas sembuh.

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً
Allahumma robbannas adzhibilba’ sa isyfi antasysyafi la syifauka syifa’ an la yughodiru saqoma.

Artinya ;
“Ya Allah Ya Tuhanku, Tuhan dari segala manusia dimuka bumi, berikanlah kesembuhan kepadanya, angkatlah penyakitnya, dan jadikanlah penyakit yang ia derita sebagai pelebur dosa. Hanya kepadamu lah kami meminta kesembuhan, kesembuhan yang tak ada kambuh lagi.” ( H.R. Bukhari dan Muslim)

Ucapan semoga cepat sembuh untuk diri sendiri

Ucapan doa ketika Anda sedang sakit. Mohon disembuhkan dari sakit yang di alami oleh diri sendiri dengan mengucapkan doa dibawah ini dengan menempelkan tanganmu ke bagian yang sakit, kemudian baca bismilah sebanyak tiga kali dan ucapkan

أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ 
A’udzubillahi waqudratii min syarimaa ajidu wa uhadir (Aku berlindung kepada Allah dan kepada kekuasaan-Nya dari kejahatan apa yang aku dapati dan yang aku khawatirkan) dibaca 7x (HR. Muslim no. 2202). Dan membaca doa:

,‏ اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ ,أَذْهِبِ الْبَاسَ وَاشْفِهِ ,وَأَنْتَ الشَّافِي، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
Allahumma rabbannaasi, adzhibilba`sa, wasy fihi, wa antasy syaafii, laa syifaa a illaa syifaa uka, syifaa an laa yughoodiru saqoman (Ya Allah, Rabb Pemelihara manusia, hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah, Engkau-lah Yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan hanya kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sedikit pun penyakit). (HR. Bukhari no. 5743)

Contoh ucapan di atas bisa kalian gunakan untuk mengucapkan Semoga Cepat Sembuh Dalam Bahasa Arab. Lalu bagaimana jika akan mengucapkan belasungkawa atau berduka cita dengan menggunakan bahasa arab? Silahkan baca Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Arab Dan Artinya.

Saya rasa sampai disini saja pembahasan saya kali ini meskipun tulisannya sedikit semoga banyak manfaatnya. Dan jangan lupa untuk membagikan ke media sosial karena berbagi itu indah. Sekian dari saya dan terimakasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar