Skip to main content
Goomell

follow us

Cara Membuat Email Domain Sendiri Gratis Dengan Yandex

Cara Membuat Email Domain Sendiri Gratis Dengan Yandex - Bagi kalian yang saat ini mungkin ingin memiliki email dengan domain pribadi disini saya akan berbagi caranya supaya kalian bisa memiliki sebuah Email Domain Sendiri.

Jika berbicara tentang Email domain sendiri, Google dan Microsoft dulu juga menyediakan layanan email Domain Sendiri, akan tetapi kini semua hanyalah tinggal kenangan, karena mereka sudah menghentikan Layanan Email Domain Sendiri Gratis tersebut.

Maka dari itu disini saya akan berbagi Cara Membuat Email dengan Domain sendiri Gratis tanpa harus menyewa hosting. Yaitu dengan menggunakan layanan dari Yandex mail yang menyediakan layanan Email Domain Sendiri Gratis.

Yandex adalah perusahaan internet yang berpusat di Rusia dan kini sudah memiliki banyak ssekali layanan  Termasuk email. Yandex didirikan pada btahun 1997, dan banyak sekali yang menyebtnya dengan sebutan Google Rusia, hal ini kaera Google sendiri kalah besaing dengan mesin pencari yandex Untuk negara rusia.

Kalau dulu memang terasa sulit untuk memahami Bagaimana cara membuat Email Domain Sendiri gratis dengan Yandex karena keterbatasan bahasa situs yandex yang hanya menggunakan bahasa rusia. Akan tetapi untuk saat ini yandex sudah tersedia dalam bahasa inggris sehingga membuat kita yang tidak mengerti bahasa Rusia akan menjadi mudah untuk membuat email domain sendiri gratis di yandex.

Yandex saat ini menyediakan 1000 akun Email gratis untuk setiap Domainnya, Layanan ini sangat cocok sekali  untuk sebuah perusahaan yang memiliki banyak staff atau karyawan sehingga bisa membuatkan email dengan domain sendiri Gratis dengan format @nama perusahaan di setiap karyawan atau setiap staff.

Pada tutorial kali ini, Goomell akan membahas tentang bagaimana membuat email domain sendiri gratis dengan menggunakan yandex. Jadi dalam tutorial kali ini bisa disebut cara membuat email dengan domain sendiri tanpa hosting. Dan kalian tidak pelu membayar sewa hosting. karena Email dengan domain sendiri kalian akan di Host oleh yandex.

Kelebihan membuat Email @domain sendiri menggunakan yandex

Yandex adalah perusahaan yang terkemuka di Rusia dan saat ini telah memiliki pengguna email hingga puluhan juta users sehingga tidak diragukan lagi untuk kualitas dan kredibilitasnya. Dengan Yandex, maka Anda dapat membuat 1000 akun email dengan @domain sendiri secara gratis.

Selain itu jika email yang kita gunakan misalnya dalam sebuah blog seperti Goomell dengan domain goomell.com dan memiliki sebuah email dengan domain sendiri maka akan terlihat sedikit profesional. misalnya admin@goomell.com atau team@goomell.com akan terlihat lebih baik kan.

Karena yandex adalah satu-satunya situs yang berbasis di rusia maka sebelum menggunakan layanan ini alangkah baiknya jika kalian baca terlebih dulu TOS yandex. Dan jika anda sudah setuju dengan ketentuan TOS yandex barulah memulai mendaftar untuk menjadi pengguna Yandex Mail.

Catatan: Bagi Anda yang ingin membuat Email dengan domain @nama perusahaan gratis selamanya caranya sama seperti membuat email dengan domain sendiri. Karena @namaperusahaan itu adalah sama-sama domain Anda dan perusahaan Anda sendiri.

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Gratis Selamanya

Sebelum memulai membuat email domain sendiri di yandex maka hal yang pertama harus di lakukan adalah mendaftar atau membuat akun yandex terlebih dahulu yang nantinya akan menjadi Akun utama atau admin untuk mengelola semua email yang menggunakan domain sendiri. jadi misalnya ingin menambahkan email atau menghapus email yang menggunakan domain sendiri maka harus melalui akun Akun utama ini.

Untuk mendaftar akun yandex langsung saja menuuju ke halaman http://mail.yandex.com . dan jika masih bingung silahkan sambil membaca panduan Cara Daftar Email Di Yandex.

Setelah membuat akun Yandex, Langkah selanjutnya adalah menambahkan Domain Anda di yandex. Anda bisa langsung saja menambahkan domain yang sudah anda miliki melalui URL : http://domain.yandex.com Sebagai contoh tampilannya seperti gambar berikut

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan domain Anda. Pada langkah ini yandex memberikan tiga pilihan untuk memverifikasi kepemilikan domain yaitu update kontak address domain Anda, upload file di home root atau public_html, dan update Cname. Pada cara yang kami bahas ini kami memilih menggunakan Update Cname supaya mudah dalam proses membuat email dengan domain sendiri.

Pada metode ini langkah selanjutnya silahkan buka dulu penyedia layanan domain Anda atau tempat Anda membeli domain, dan pilih Domain yang aktif yang akan anda tambahkan ke Yandex, kemudian pilih menu kelola DNS atau DNS Management. Kemudian masukkan Nama host yamail-af013d3a6173 dan jenis record CNAME dan alamat mail.yandex.com kemudian Simpan. Sebagai contoh disini kami menggunakan layanan IDwebhost dalam setting DNS

Setelah selesai menambahkan CNAME kemudian lajut pilih Verify domain ownership . Jika belum berhasil silahkan tunggu beberapa menit dan ulang lagi Verify domain ownership sampai berhasil.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menambahkan MX yandex pada domain, caranya hampir sama dengan penambahan CNAME di atas. yaitu dengan membuka kelola DNS pada domain anda.

Cara menambahkan MX record hampir sama dengan menambahkan CNAME pada Domain Anda, Nama host @ , jenis record MX , alamat mx.yandex.net dan prioritas 10. sebagai contoh perhatikan gambar berikut

Selanjutnya, Pilih Verify MX records. Setelah berhasil kemudian Anda akan diminta memasukkan email baru Dengan Domain Senndiri seperti gambar berikut

Selesai, selamat sekarang email Anda telah Berhasil dibuat dengan nama domain anda sendiri. Jika Anda ingin menambahkan email baru Dengan domain yang sama Anda langsung saja pilih menu My Domain lanjut Add Mailbox

Email yang sudah Anda buat dengan menggunakan domain sendiri juga bisa Anda akses melalui domain Anda sendiri misalnya dengan mengakses http://mail.goomell.com , untuk bisa akses tersebut Anda silahkan baca panduannya di Cara Mengakses login Email Yandex Dengan Domain Sendiri.

Mudah sekali bukan. Dengan begitu maka Anda sekarang sudah bisa Membuat Email Domain Sendiri Tanpa Hosting dan Gratis. Jika ada yang belum jelas Anda bisa bertanya melalui form komentar yang kami sediakan di bawah ini. Dan jangan lupa untuk share pengalaman ini untuk teman kamu yang membutuhkan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar