Skip to main content
Goomell

follow us

6 Cara Ampuh Menjinakkan Burung Trucukan

Berjumpa kembali dengan Goomell yang pada kesempatan kali ini masih membahas seputar Burung Trucukan. Dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan Cara Menjinakkan Burung Trucukan. Kususnya untuk para pecinta burung tentu pembahasan ini sedikit bisa membantu anda dalam menjinakkan burung trucukan anda.

Hai pecinta burung, sekarang anda berada di dalam sebuah solusi. Solusi terbaik untuk anda yang ingin menjinakkan burung trucukan yang masih liar atau Trucukan Bakalan. Dan tentunya cara yang akan saya berikan adalah cara yang paling ampuh atau dengan kata lain cara terbaik.

Dalam Kategori burung trucukan ini saya sudah membahas dua hal pada  postingan sebelumnya. Jadi bagi para pecinta burung yang belum mengerti tentang bagaimana merawat burung trucukan dan juga bagaimana cara membedakan burung trucukan jantan dan betina silahkan baca berikut ini :

Cara Merawat Burung Trucukan Dengan Baik
Cara Terbaik Membedakan Burung Trucukan Jantan Dan Betina
Kembali ke pembahasaan utama yakni Cara Ampuh Menjinakkan Burung Trucukan. Di sini saya akan memberikan 6 Cara yang ampuh untuk anda. Silahkan disimak caranya sebagai berikut:

6 Cara Ampuh Menjinakkan Burung Trucukan

  1. Terapi mandi. Burung trucukan yang masih giras bisa dijinakan dengan cara diterapi mandi, bisa sehari 2 kali sampai 3 kali. Kenapa burung trucukan giras bisa jinak setelah diterapi mandi? mudahnya saja begini saat diterapi mandi otomastis burung akan grupyukan kesana kemari, kadang ada burung trucukan yang sangking girasnya hingga menabrak-nabrakan dirinya ke sangkar alhasil dibagian paruh burung trucukan tersebut berdarah-darah. Jika terjadi seperti itu lakukan saja terapi mandi secara rutin nanti lama kelamaan burung akan menjadi jinak dengan sendirinya. Burung trucukan sebenarnya adalah burung yang suka mandi, dengan mandi emosi burung akan terkontrol. Burung trucukan yang habis dimandikan juga akan merasa lapar, saat inilah saat terbaik untuk memberikan ef kepada burung bisa memberikan EF secara langsung memalui tangan. Tetapi jika burung trucukan belum mau mengambil secara langsung dari tangan kita bisa kita taruh Ef supaya burung dengan sendiri mau makan. Saat burung sudah tidak terlalu takut lagi dengan kita, bisa kita beri ef dengan bantuan lidi atau pinset baru setelah burung terbiasa mengambil Ef dari lidi atau pinset kita bisa membiasakannya memakan EF langsung melalui tangan kita.
  2. Terapi mandi malam. Ada juga sebagian pecinta burung yang mempercayai kalau dengan mandi malam akan membuat burung lebih cepat jinak dibanding dengan terapi mandi biasa. Oleh karena itu Mandi malam juga harus di lakukan untuk proses menjinakkan burung trucukan.
  3. Terapi mandi dengan burung dipegang secara langsung. Memandikan burung trucukan dengan dipegang maka burung juga akan semakin jinak. Terapi mandi yang satu ini mungkin terdengar ekstrim. Tetapi terapi mandi ini sudah biasa dilakukan oleh kakek kita dari jaman dulu.
  4. Terapi lapar.Terapi lapar bisa dilakukan dengan menjemur beberapa jam tanpa makanan. Setelah kurang lebih dijemur 3-4 jam. atau bisa dengan tidak usah diberikan tempat makanan disangkar burung dan berikan EF jangkrik atau EF lainnya diberikan langsung dengan tangan,buat burung trucukan merasa bergantung kepada kita. Lama kelamaan burung akan menjadi jinak karena sudah terbiasa.
  5. Terapi benang. Jadi burung trucukan diikatkan benang pada kakinya. Tetapi cara seperti ini bisa menyebabkan kaki burung trucukan patah jika burung terlampau giras. Jadi untuk melakukan cara yang ini harap lebih berhati-hati. Lihatlah kondisi burung terlebih dahulu sebelum melakukan Terapi benang
  6. Terapi Tempat. Taruh burung trucukan ditempat yang rendah dan sering dilalui oleh banyak orang. Kita bisa menaruhnya ditempat yang agak tinggi terlebih dahulu lalu secara berkala taruh ditempat yang rendah.

Lakukan ke 6 Cara Ampuh Menjinakkan Burung Trucukan di atas secara rutin. Maka dengan membiasakan burung dengan melakukan 6 hal diatas, burungpun akan semakin jinak dan anda sukses menjinakkan burung trucukan anda.

Demikian pembahassan saya kali ini tentang 6 cara menjinakkan burung trucukan. Akhir kata semoga yang saya tuliskan ini bermanfaat bagi anda sang pecinta burung. Terimakasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar