Inilah Yang Berhak Menerima Zakat Penghasilan

Kemana Membayar Zakat penghasilan? pada kesempatan kali ini kami akan memberikan jawaban untuk Anda yang masih belum jelas tentang Siapa Yang Berhak Menerima Zakat.

Kemana Membayar Zakat penghasilan? Pertanyaan ini mungkin masih banyak sekali yang belum menemukan jawaban yang tepat. Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan jawaban untuk Anda yang masih belum jelas tentang Siapa Yang Berhak Menerima Zakat.

Inilah Yang Berhak Menerima Zakat Penghasilan

Perintah membayar zakat diwajibkan kepada setiap umat Islam yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari secara layak. Bagi muslim yang tidak mampu mencukupi biaya hidup, mereka tidak wajib membayar zakat, sebaliknya, mereka malah harus diberikan zakat.
[ads-post]
Berikut ini adalah 8 golongan yang berhak menerima zakat
  1. Fakir (orang yang tidak memiliki harta)
    Fakir adalah orang yang tidak memiliki harta sama sekali dan tidak memiliki penghasilan. Maka orang fakir Berhak menerima zakat.
  2. Miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi)
    Oang miskin adalah orang yang memiliki ppenghasilan akan tetapi penghasilannya tidak mencukupi. Maka orang miskin berhak menerima zakat.
  3. Riqab (hamba sahaya atau budak)
    Riqab adalah memerdekakan budak.   Orang yang menjadi budak dapat menggunakan bantuan zakat untuk memerdekakan diri. Saat ini perbudakan sudah dilarang sehingga tidak ada lagi budak.
  4. Gharim (orang yang memiliki banyak hutang)
    Gharim adalah orang berhutang.   Orang yang berhutang dapat menerima sebagian zakat untuk meringankan bebannya dan membantu menyicil atau melunasi hutang tersebut. 
  5. Mualaf (orang yang baru masuk Islam)
    Muallaf adalah orang yang baru masuk islam.   Orang mualaf sering kali dikucilkan oleh keluarga atau lingkungan asalnya. Karena itu kita perlu membantu dengan zakat untuk meringankan beban mereka dan membantunya.
  6. Fisabilillah (pejuang di jalan Allah)
    Fisabilillah adalah dalam keperluan di agama.   Kegiatan fisabilillah misalnya adalah perang membela wilayah Islam yang diserang. Namun bisa juga kepada mereka yang mebela agama dengan pena atau yang berdakwah menyebarkan Islam.
  7. Ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan)
    Ibnu sabil adalah orang dalam perjalanan untuk kepentingan sesuai ajaran agama.   Misalnya adalah musafir yang sedang berpergian tapi kehabisan bekal, asalkan tujuan perjalanan bukan sesuatu yang dilarang agama. Termasuk juga pelajar atau mahasiswa yang tidak memiliki uang untuk melanjutkan belajarnya.
  8. Amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat)
    Amil adalah pengelola zakat.   Pengelola zakat berhak mendapatkan sebahagian dari zakat sebagai upah dan dana operasional. Namun perlu diingat bahwa jatah amil harus dalam batas sewajarnya karena fungsi utama zakat adalah membantu mereka yang benar-benar memerlukan 

Delapan golongan di atas adalah golongan yang berhak menerima zakat. Semua sudah kami jelaskan jjuga tentang apa itu Fakir, Miskin, Riqab, Gharim, Mualaf, Fasibilillah, Ibnu sabil dan juga Amil zakat. Agar bisa dipahami dengan baik.

Baiklah sekian pembahasan tentang Siapa yang Berhak Menerima Zakat Penghasilan. Semoga bisa membantu anda dan bisa bermanfaat. terima kasih
Label:
Reaksi:

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan sopan untuk berkomentar.

[blogger]

Dwi Asmoro

{facebook#https://www.facebook.com/dwie.asmara} {google-plus#https://plus.google.com/114407741915367579556}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget