Skip to main content
Goomell

follow us

Contoh Dan Cara Bikin Proposal Untuk Kegiatan

Proposal adalah sebuah tulisan yang dibiuat oleh si penulis dan bertujuan untuk menjelaskan sebuah tujuan untuk si pembaca baik itu individu atau perusahaan. Sehingga mereka mendapatkan pemahaman tentang tujuan yang lebih mendetail. Diharapkan si pembaca mendapatkan informasi yang sangat jelas agar akhirnya tercipta tujuan untuk mendapatkan visi dan misi yang sama.

Proposal juga bisa disebut rencana yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Rencana tersebut harus dituliskan agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik. Pihak yang berkepentingan tersebut antara lain pemberi izin dan penyumbang dana, seperti lurah, bupati, polisi atau yang lainnya.

Contoh Proposal yang paling sering dibuat yang tidak saja hanya dikalangan organisasi tetapi di lingkungan sekolah dan kampus, proposal kegiatan sangat sering digunakan yang tujuannya tentu saja untuk mendukung suksesnys kegiatan-kegiatan yang di adakan terutama dalam hal pendanaan. Selain contoh proposal kegiatan, masih banyak lagi contoh-contoh proposal sesuai dengan kegiatan atau rancangan apa yang akan anda buat misalnya contoh proposal penelitian, contoh proposal usaha dan masih banyak contoh-contoh proposal lainnya namun pada dasarnya dari masing-masing proposal tersebut fungsinya adalah sama hanya saja ada beberapa perbedaan sistematika dalam penulisan..

Proposal memiliki definisi sederhana yaitu rancangan tertulis bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan ijin, dana dan lain sebagainya. Bagaima cara membuat proposal kegiatan yang benar? simak berikut tentang sistematika pembuatan proposal kegiatan sekaligus  contoh proposal kegiatan pentas seni dan budaya dan anda juga dapat melihat beberapa contoh cover untuk proposal yang anda buat di kumpulan contoh cover proposal..

CARA MEMBUAT PROPOSAL KEGIATAN


Sistematika contoh proposal kegiatan

1. Judul Proposal
Contoh judul proposal kegiatan misalnya "PROPOSAL KEGIATAN HALAL BIHALAL DESA NGILE".
2. Latar Belakang
Latar belakang proposal kegiatan ini isinya adalah dasar dan alasan kegiatan itu perlu dilakukan.
3. Tujuan
Tujuan proposal kegiatan adalah manfaat atau hasil yang diharapkan dari diadakannya kegiatan tersebut.
4. Kegiatan
Kegiatan proposal ini menjelaskan kegiatan pokok yang akan dilaksanakan dan dilampirkan dengan jadwal kegiatan secara lengkap.
5. Anggaran
Anggaran dari proposal kegiatan ini harus dilampirkan secara terperinci dan sedetail mingkin.

Di bawah ini adalah contoh dari proposal kegiatan

CONTOH PROPOSAL


PROPOSAL KEGIATAN HALAL BIHALAL

I. LATAR BELAKANG

Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan perhatian, teman dan kasih sayang dari sesamanya. Setiap diri terikat dengan berbagai bentuk ikatan dan hubungan, diantaranya hubungan emosional, sosial, ekonomi dan hubungan kemanusiaan lainnya. Maka demi mencapai kebutuhan tersebut adalah fitrah untuk selalu berusaha berbuat baik terhadap sesamanya. Islam sangat memahami hal tersebut, oleh sebab itu silaturahmi harus dilaksanakan dengan baik. Sesungguhnya silaturahmi merupakan amal shalih yang penuh berkah, dan memberikan kepada pelakunya kebaikan di dunia dan akhirat, menjadikannya diberkahi di manapun ia berada, Allah SWT memberikan berkah kepadanya di setiap kondisi dan perbuatannya, baik yang segera maupun yang tertunda.

Sama halnya dengan keluarga besar Karang Taruna Desa Ngile, pada bulan yang suci perlu diadakannya acara Halal Bihalal untuk menjaga tali silaturahmi. Agar menjadi fitrah kembali dan menambah keharmonisan hubungan kemasyarakatan maka perlu diadakannya  acara ini.

Selain kegiatan halal bihalal yang bertujuan untuk menyambung tali silaturrohim antar sesama keluarga besar Karang taruna Desa Ngile dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengumpulan dana untuk Bakti Sosial yang akan diserahkan ke Panti Asuhan terdekat.

II. TUJUAN

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idhul Fitri 1432 H, Karang Taruna Desa Ngile selaku organisasi kepemudaan ingin mengadakan kegiatan HALAL BI HALAL yang bertujuan :

  1. Untuk mengisi dan memeriahkan Hari Raya Idhul Fitri  1432 H.
  2. Agar terbina kerjasama antar sesama rekan-rekan muda-mudi Karang Taruna Desa Ngile.
  3. Menjalin kerukunan dan menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga masyarakat disekitar Karang Taruna Desa Ngile berada.

III. KEGIATAN

Waktu Dan Tempat Pelaksanaan

Acara halal bihalal ini, akan kami laksanakan pada :

Hari                 :

Tanggal           :

Waktu             : 09.00 s/d selesai

Tempat            : Balai Dusun Krajan

Susunan Acara

Terlampir.

Susunan Panitia

Terlampir.

IV. ANGGARAN

Terlampir.

V. PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan.

Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


Ketua Pelaksana                                                                                             Tlangu, 8 Agustus 2016
                                                                                                                                   Sekertaris
________________________
                                                                                                                 ________________________
                                                                        Mengetahui,
                                                                  Kepala Desa Ngile
                                                              ______________________

Demikianlah Penjelasan saya mengenai " Contoh dan Cara Bikin Proposal yang Baik dan Benar " semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar