Skip to main content
Goomell

follow us

Cara Terbaik Membedakan Burung Trucukan Jantan Dan Betina

Goomell pada kesempatan yang baru di tahun baru ini akan memberikan cara terbaik yang baru juga untuk pembaca setianya disini. Yakni Cara Membedakan Burung Trucukan Jantan Dan Betina. Bagi anda yang memiliki peliharaan burung trucukan tentu akan bertanya-tanya tentang Bagaimana cara membedakan burung trucukan yang dipelihara Jantan Atau Betina.

Burung trucukan adalah burung yang sering dikatakan masih bersaudara dengan cucak jenggot, burung ini memiliki suara merdu yang sangat khas dan meskipun belum populer seperti saudaranya namun Burung trucukan mulai populer dikalangan para pecinta burung.

Cara terbaik dalam membedakan burung trucukan sangatlah penting bagi anda sang pecinta burung. Misalnya disaat anda baru ingin membeli burung tentu harus tau bahwa burung tersebut jantan atau betina. Maka dari itu Goomell akan memberikan Cara membedakan Burung trucukan jantan dan betina.

Baca Juga Cara Merawat BurungTrucukan Dengan Baik

Dalam membedakan jenis burung jantan dan betina dibagi menjadi dua. Yaitu membedakan dengan Ciri-ciri fisik burung Trucukan  dan Ciri-ciri khusus untuk membedakan burung trucukan jantan dan betina. Kedua cara tersebut akan saya jelaskan sebagai berikut :

Cara Terbaik Membedakan Burung Trucukan Jantan Dan Betina

Ciri-ciri Fisik Burung Trucukan Jantan Dan Betina

Membedakan Burung trucukan jantan dan betina yang pertama adalah melihat fisik burung tersebut. Dalam arti anda bisa membedakan burung trucukan jantan dan betina dengan melihat fisik atau bentuk dari ciri-ciri burung trucukan. Dalam membedakan dengan cara melihat fisik burung trucukan, berikut adalah ciri-ciri fisik burung trucukan jantan dan betina :
  • Ciri-ciri Fisik Burung Trucukan Jantan
  1. Postur tubuh kelihatan lebih besar dan gagah
  2. Lihat pada area matanya , pada burung jantan lingkar hitam matanya lebih tegas / jelas , dan semakin tua semakin terang
  3. Ketika bunyi nembak, ngerol atau ropel trucukan jantan jambul di kepalanya akan aktif njambul
  4. Bentuk kepala lebih datar atau ceper
  5. Buka mulutnya maka , warna tenggorokannya kuning
  6. Leher lebih besar dan kekar
  7. Warna pada dada cenderung lebih gelap
  8. Bulu ekornya ngumpul tidak nyebar
  • Ciri-ciri Fisik Burung Trucukan Betina
  1. Postur tubuh kelihatan lebih kecil dan ramping
  2. Lingkar hitam pada mata bersih , tidak terlalu jelas
  3. Warna tenggorokanya putih
  4. Leher lebih ramping
  5. Bulu pada area dada lebih terang atau cerah
  6. Bulu ekor tidak ngumpul atau nyebar
Di atas tadi adalah perbedaan fisik burung trucukan jantan dan betina. Dan cara terbaik berikutnya silahkan di baca dengan cermat.

Ciri-ciri Khusus Untuk Membedakan Burung Trucukan Jantan Dan Betina

Setelah anda mengetahui ciri-ciri fisik dari burung Trucukan jantan dan betina. Cara terbaik berikutnya adalah ciri-ciri khusus untuk meyakinkan bahwa burung trucukan tersebut jantan atau betina. berikut adalah cara Membedakannya :
  • Burung Trucukan Jantan
  1. Saat berkicau rata-rata mengeluarkan volume yang keras
  2. Walapun burung dalam keadaan mabung masih stabil dalam berkicau
  3. Mempunyai ropelan panjang meskipun ada pula yang pendek, dan mempunyai kicauan yang bervariasi meskipun durasi pendek
  • Burung Trucukan Betina
  1. Saat berkicau rata-rata mengeluarkan volume standar cenderung rendah
  2. Saat masuk masa mabung jarang sekali berkicau cenderung diam
  3. Walaupun dapat berkicau seperti jantan, namun pendek dan kurang bervariasi
  4. Lebih banyak mengeluarkan Cal daripada Ropel
Sebenarnya bukan hal yang sulit untuk membedakan jantan dan betina burung trucukan. Akan tetapi bagaimana jika belum tau bagaimana perbedaan jantan dan betina burung trucukan itu. Pasti anda pun bingung untuk membedakannya.

Setelah anda membaca perbedaan burung trucukan di atas tentu anda sekarang sudah bisa untuk membedakan mana trucukan jantan dan mana trucukan betina. Semoga tulisan saya kali ini bisa memberikan pengetahuan untuk anda sang penggemar burung.

Saya rasa sampai disini saja tulisan saya kali ini tentang pembahasan Cara Terbaik Membedakan Burung Trucukan Jantan Dan Betina. Akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah membaca tulisan saya di Goomell.com. dan semoga bisa bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar