Memberi Nasehat Yang Baik Dengan Penuh Kesabaran

Nasehat yang baik harus dengan penuh kesabaran, jika Anda sabar dalam menyampaikan nasehat maka nasehat pun bisa diterima dengan baik oleh orang yang anda beri nasehat

Goomell ~ Ketika kamu ingin memberikan nasehat yang baik kepada seseorang, sebelumnya anda harus berfikir apakah nasehat kamu dapat ia terima dengan baik. Karena dalam menasehati seseorang, ada beberapa yang harus kamu perhatikan supaya tidak ada rasa sakit hati, dicurangi maupun di rendahkan.
Berikut adalah cara memberi nasehat yang baik :

Nasehat Yang Baik


 Nasehat Yang Baik 

1. Nasehat Yang Tidak Memalukan 

Ada yang perlu kita perhatikan ketika hendak menasehati seseorang yaitu kamu harus memperhatikan secara detail apa yang ingin kamu katakan dengan orang yang ingin kamu nasehati. Perhatikan kata - kata yang keluar dari bibir kita. Jangan sampai kita mengekuarkan kalimat yang dapat memalukan dirinya apalagi membuat ia menjadi dendam. Sehingga yang terjadi masalahnya akan semakin memperburuk keadaan.

 2. Nasehat Empat Mata

Nasehat empat mata ialah pembicaran  2 orang secara pribadi tanpa di ketahui orang lain. Dalam menasehati kesalahan maupun keburukan seseorang ada yang baik dinasehati secara terang - terangan di depan orang lain, namun ada juga yang harus dirahasiakan. Tujuannya supaya orang yang kamu nasehati dapat menerima nasehat kita tanpa orang yang disekitar dia tahu. Dan nasehat seperti ini juga berhubungan dengan point yang pertama, tidak membuat malu bagi dirinya.

3. Nasehat Melihat Situasi

Melihat situasi maksudnya ialah sama dengan melihat keadaan. Dimana ketika kita hendak menasehat orang lain , kamu harus melihat bagaimana keadaan yang ingin kamu nasehati, apakah dalam situasi baik atau buruk. Karena sebagus apapun nasehat yang kamu berikan tidak akan di terima jika situasi lagi buruk ataup tidak tepat. Maka memperhatikan situasi orang yang ingin kita kehendaki memang harus diperhatikan. Itu sangat penting supaya nasehat kita benar - benar dapat ia pahami.

4. Nasehat Tanpa Memaksa

Menasehati orang lain ataupun saudara bahkan anak adalah kewajiban kita untuk mengarahkannya dari yang buruk ke hal yang lebih baik lagi. Namun kita juga tidak boleh memaksanya untuk melakukan semua keinginan kita. Biarkan ia sadar dengan cara kita pelan - pelan memberikan nasehat. Apabila kita memaksanya untuk mendengarkan/melakukan nasehat kita bisa saja akan berdampak buruk. Ia akan semakin bebal dan akan melakukan keburukan ataupun kesalahan yang sama. Jadi nasehatilah dengan pelan - pelan atau secara bertahap tanpa harus memaksa kehendaknya.

5. Penuh dengan kesabaran

Nasehat yang baik harus dengan penuh kesabaran, jika Anda sabar dalam menyampaikan nasehat maka nasehat pun bisa diterima dengan baik oleh orang yang anda beri nasehat. 

6. Nasehat Yang Sopan 

Point yang terakhir ini sebenaranya hampir sama dengan arti point yang pertama. Jika kamu berkehendak menasehati seseorang dengan kata - kata yang sopan tanpa melukai hati orang lain maka kamu akan berhasil menasehatinya. Mengapa ?!!!, Jika kita menasehati seseorang dengan kalimat - kalimat yang sopan tentu hati dan pikirannya dapat menerima dengan baik, sehingga memungkinkan bahwa nasehat kamu didengar olehnya.


Baikah semoga cara memberi nasehat yang baik dengan penuh kesabaran bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih sedah membaca tulisan goomell ..

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan sopan untuk berkomentar.

[blogger]

Dwi Asmoro

{facebook#https://www.facebook.com/dwie.asmara} {google-plus#https://plus.google.com/114407741915367579556}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget