Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Arab Dan Artinya

Sebuah ucapan belasungkawa adalah sebuah ucapan yang kita ucapkan untuk saudara, teman, kerabat dll yang sedang terkena musibah atau berduka.Goomell akan memberikan contoh ucapan belasungkawa Islami dalam bahasa arab. Disaat ada yang sedang berduka tentu saja kitapun ingin berbelasungkawa dan mengucapkan sebuah ucapan belasungkawa dan turut berduka cita yang mungkin bisa memberikan semangat ataupun menghibur untuk yang sedang berduka.

Sebuah ucapan belasungkawa adalah sebuah ucapan yang kita ucapkan untuk saudara, teman, kerabat dll yang sedang terkena musibah atau berduka. Disaat ada yang sedang berduka tentu saja kitapun ingin berbelasungkawa dan mengucapkan sebuah ucapan belasungkawa dan turut berduka cita yang mungkin bisa memberikan semangat ataupun menghibur untuk yang sedang berduka.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh Ucapan Belasungkawa Dalam Bahassa Arab. Mungkin di antara teman-teman ada yang pada saat ini masih bingung tentang bagaimana mengucapkan belasungkawa atau turut Berduka Cita dengan menggunakan bahasa arab yang benar, dan tentunya dalam ucapan bahasa arab tersebut kita pun harus mengerti apa artinya.

Di dalam bahasa arab dan juga menurut ajaran agama islam mengucapkan belasungkawa merupakan sebuah do'a. Dan disini saya akan memberikan sedikit cara mengucapkan belasungkawa dalam bahasa arab menurut ajaran agama islam.
[ads-post]
Berdasarkan pendapat para ulama dalam masalah ini, bisa disimpulkan bahwa mereka tidak membatasi dan tidak menentukan bacaan-bacaan khusus yang harus diucapkan ketika bertakziyah. Ibnu Qudamah berpendapat [Al Mughni (3/480).]: “Sepanjang yang kami ketahui, tidak ada ucapan tertentu yang khusus dalam takziyah. Namun diriwayatkan, bahwa Nabi muhhammad SAW pernah melayat seseorang dan mengucapkan:
  • رَحِمَكَ اللهُ وَآجَرَكَ 
Artinya:
Semoga Allah merahmatimu, dan memberimu pahala. [HR Tirmidzi, (4/60)].

Baca Juga Ucapan Terimakasih Dalam Bahasa Arab Yang Benar

Imam Nawawi berpendapat [Al Adzkar, hlm. 127], yang paling baik untuk diucapkan ketika takziyah, yaitu apa yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada salah seorang utusan yang datang kepadanya untuk memberi kabar kematian sesorang. Beliau (Muhammad SAW) bersabda kepada utusan itu: Kembalilah kepadanya dan katakanlah kepadanya:
  • إِنَّ لِلَّهِ مَا أَخَذَ، وَلَهُ مَا أَعْطَى وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِأَجَلٍ مُسَمَّى…فَلْتَصْبِرْ وَلْتَحْتَسِبْ. ( INNA LILLAAHI MAA AKHODZA, WA LAHU MAA A’THA, WA KULLU SYAI’IN ‘INDAHU BI AJALIN MUSAMMA … FALTASHBIR WALTAHTASIB )
Artinya:
Sesungguhnya adalah milik Allah apa yang Dia ambil, dan akan kembali kepada-Nya apa yang Dia berikan. Segala sesuatu yang ada disisi-Nya ada jangka waktu tertentu (ada ajalnya). Maka hendaklah engkau bersabar dan memohon pahala dari Allah. [HR Muslim, 3/39].

Sebagian ulama menyunnahkan, agar ketika melayat orang Muslim yang ditinggal mati oleh orang Muslim, membaca:
  • أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاكَ وَرَحِمَ مَيِّتَكَ
Artinya:
Semoga Allah melipatkan pahalamu, memberimu pelipur lara yang baik, dan semoga Dia memberikan rahmat kepada si mayyit [Lihat Hasyiyah Radd al Mukhtar (1/604), al Mughni (3/486), al Inshaf (2/565)]

Menurut Mazhab Syafi’iyah, mendoakan orang yang dilayat atau yang tertimpa musibah dengan mengucapkan:
“Semoga Allah mengampuni si mayyit, melipatkan pahalamu, dan memberimu pelipur yang baik,”. Tetapi ada juga yang berpendapat berdoa dengan doa apa saja [Al Majmu’ (5/306).]. Baik juga jika didoakan dengan yang berikut:

  • أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ، وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ وَغَفَرَ لِمَيِّتِكَ. ( A’ZHAMALLAHU AJROKA, WA AHSANA ‘AZAAKA, WA GHAFARO LIMAYYITIKA. ) Artinya: “Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memerbesar pahalamu, dan kamu bisa berkabung dengan baik serta mayatnya diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala“. (HR. Bukhari: 2/80, Muslim: 2/636. Lihat Al Azkar LinNawawi, hal. 126).
  • أحسن الله عزاك، وجبر مصابك، وغفر لميتك ورحمه وخلفه في عقبه بخير ( AHSANALLAHU AZAAKA WA JABARO MUSHABAKA WA GHAFARO LIMAYYITIKA WA ROHIMAHU WA KHALAFAHU FII AQIBIHI BIKHOIR. ) Artinya: Semoga Allah memberimu pelipur lara yang baik, memberi kebaikan atas musibahmu, mengampuni si mayyit, melimpahkan rahmat, dan menggantikannya dengan yang lebih baik.”
Dalam bahasa arab sehari-hari untuk mmengucapkan belasungkawa maka anda bisa mengikuti contoh yang saya berikan di bawah ini.

  • إينا لايلاهي وينا إيليا روجيون ... وجميع الذين يقودون حياة الله تعيين موعد نهائي، ثم التحلي بالصبر هذا يحدث لك. ونحن نعتقد أن هناك حكمة وراء كل هذا.  . Artinya : Inna lillahi wainna ilaihi roji’un … Dan segala sesuatu yang bernyawa telah Allah tetapkan batas waktunya, maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah dibalik ini semua.
  • إينا ليلاهي وا إينا إيلايهي روجيون ... للحزن على الموت ... .. نأمل أن الأسرة المهجورة نظرا للثبات. ثق بي الله سوف تجلب لك مرة أخرى. Artinya : Inna lillahi wainna ilaihi roji’un … Turut beduka cita atas meninggalnya ….. semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali kelak.
  • إينا ليلاهي وينا إلايهي روجيون. لم أكن أتوقع منك أن تترك ذلك قريبا. حظا سعيدا يا صديقي، هل تقبل مؤسستك الخيرية من الله، ولك أن توضع في أجمل مكان، وهذا هو جنة له. آمين  Artinya : Inna lillahi wainna ilaihi roji’un …. Tidak aku sangka kepergianmu begitu cepat. Selamat jalan wahai sahabatku, semoga amal ibadahmu diterima di sisi Allah swt dan semoga engkau ditempatkan ditempat yang paling indah, yakni surga-Nya. Aamiin.
  • إينا ليلاهي وينا إلايهي روجيون .... من أعمق قلوبنا، نحن وأسرنا آسفون للموت ... فإن الله قد وضعه في أجمل مكان مع من يؤمنون، وقد تكون الأسرة المهجورة الصبر في قبول هذه المحنة. آمين. Artinya : Inna lillahi wainna ilaihi roji’un …. Dari hati kami yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya …. semoga Allah menempatkannya ditempat yang paling indah bersama orang-orang yang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin.
Baca Juga Ucapan Semoga Cepat Sembuh Dalam Bahasa Arab

Baiklah sampai disini pembahasan goomell tentang Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Arab Dan Artinya kali ini . mohon maaf jika ada salah kata atau penulisan. semoga bermanfaat . Assalamualaikum
Reaksi:

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan sopan untuk berkomentar.

[blogger]

Dwi Asmoro

{facebook#https://www.facebook.com/dwie.asmara} {google-plus#https://plus.google.com/114407741915367579556}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget