Skip to main content
Goomell

follow us

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Korea Yang Baik

Memperkenalkan diri dalam bahasa korea adalah sebuah perkenalan yang akan anda lakukan dengan orang tersebut dengan menggunakan bahasa korea yang baik dan benar. Dan tentunya anda akan membutuhkan cara tentang bagaimana berkenalan menggunakan bahasa korea. Disini anda akan saya kasih contoh dan juga cara memperkenalkan diri dalam bahasa korea.


Dalam Bahasa Korea yang harus anda ketahui ketika anda ingin memulai sebuah perkenalan tentu akan di awali dengan sebuah sapaan. Misalnya dengan kata "HAI" atau "HALO". Kalau tanpa menyapa terlebih dulu dan langsung menyebutkan nama mungkin terdengar lucu. Terkecuali anda di tanya terlebih dahulu "siapa nama kamu"?

Baiklah langsung saja kita mulai bagaimana Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Korea Yang Baik. Silahkan di baca dengan cermat.

Halo! = 안녕하세요 (An-nyeong-ha-se-yo)

Artinya kalian pasti sudah tahu karena saya juga sudah pernah menuliskannya di Percakapan Bahasa Korea Sehari-hari Dan Artinya. Jika kamu yang Disapa terlebih dahulu maka untuk menjawabnya kamu juga mengucapkan 안녕하세요(an-nyeong-ha-se-yo) balik kepada lawan bicara. Jangan menggunakan kata 안녕 (an-nyeong) kepada orang yang baru kalian kenal. Karena itu tidak sopan.

Nama saya adalah … = 제 이름은 …. 입니다 (Je i-reum-eun…im-ni-da).

Saya adalah… = 저는….입니다 (Jeo-neun…im-ni-da)

Dua kalimat diatas merupakan kalimat formal (bisa dilihat dari penggunaan akhiran -imnida).
Untuk menggunakan kalimat semi-formal (masih sopan juga) Kalian bisa pakai kalimat ini : 제 이름은 … 이에요/예요 (je i-reum-eun ….i-e-yo/ye-yo) atau, 저는 …. 이에요/예요 (jeo-neun … i-e-yo/ye-yo).

Nama Anda siapa?

Jika kamu ingin menanyakan balik siapa namanya cukup ucapkan 이름이 무엇입니까? (I-reum-i mu-eos-im-ni-kka?) atau 이름이 뭐예요? (I-reum-i mwo-ye-yo?).

Saya orang Indonesia / Saya Berasal Dari Indonesia

Didalam memperkenalkan diri tentunya kamu pasti akan ditanya kamu berasal dari mana maka jawablah dengan 저는 인도네시아 사람입니다 (Jeo-neun in-do-ne-si-a sa-ram-im-ni-da) atau 저는 인도네시아 사람이에요 (Jeo-neun in-do-ne-si-a sa-ram-i-e-yo) yang artinya (Saya Orang Indonesia). Bisa juga dengan 저는 인도네시아에서 왔습니다 (Jeo-neun in-do-ne-si-a-e-seo wass-eum-ni-da) atau 저는 인도네시아에서 왔어요 (jeo-neun in-do-ne-si-a-e-seo wass-eo-yo) yang artinya (Saya Berasal Dari Indonesia).

Anda orang negara mana? / Anda berasal dari mana?

Untuk mempertanyakan hal ini dalam memperkenalkan diri dalam bahasa korea kamu bisa menggunakan 어느 나라 사람입니까? (Eo-neu na-ra sa-ram-im-ni-kka?) atau 어느 나라 사람이에요? (Eo-neu na-ra sa-ram-i-e-yo?) yang artinya (Anda Orang Mana?). Atau jika kamu menggunakan kalimat (Anda berasal dari mana?) maka gunakan 어디서 왔습니까? (eo-di-seo wass-eum-ni-kka?) atau 어디서 왔어요? (eo-di-seo wass-eo-yo?) yang artinya (Anda berasal dari mana?).

Baca Juga ;

Umur saya (…) tahun / Umur Anda berapa?

Untuk memberitahukan umur disaat memperkenalkan diri dalam bahasa korea gunakan 저는 (….) 살입니다 (Jeo-neun … sar-im-ni-da) atau 저는 (….) 살이에요 (Jeo-neun …. sar-i-e-yo). Isikan umur kamu di bagian titik-titik yang berada di dalam tanda kurung. Kemudian untuk bertanya (Umur Anda berapa?) gunakan 몇살입니까? (Myeot-sar-im-ni-kka?) atau 몇살이에요? (Myeot-sar-i-e-yo?). Kalimat lain yang bisa digunakan (sangat sopan dan formal) adalah 나이가 어떻게 되세요? (Na-i-ga eo-tteo-ke doe-se-yo?).

Saya (sedang) tinggal di… / Anda tinggal dimana?

Untuk memberitahukan tempat tinggal didalam Memperkenlkan Diri Dalam Bahasa Korea kamu bisa menggunakan 저는 (nama tempat)에 살고있습니다 (Jeo-neun …e sal-go-iss-eum-ni-da) atau 저는 (nama tempat)에 살고있어요 (Jeo-neun …e sal-go-iss-eo-yo) yang artinya (Saya tinggal di…). Kemudin untuk menanyakan (Anda tinggal dimana?) gunakan 어디 사세요? (Eo-di sa-se-yo?) atau kalau ingin lebih spesifik menanyakan tentang kota tempat tinggal bisa gunakan : 어느 도시에 사세요? (Eo-neu do-si-e sa-se-yo?).

Senang berjumpa dengan Anda

Saya rasa kalian akan mengucapkan kalimat ini di saat kalian sedang berkenalan. Ucapkan 만나서 반갑습니다 (man-na-seo ban-gap-seum-ni-da) atau 만나서 반가워요 (man-na-seo ban-ga-weo-yo) yang artinya (Senang Berjumpa  Dengan Anda).

Baiklah cukup sampai disini pembahasan Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Korea Yang Baik. Sebenarnya masih banyak lagi ya kalimat-kalimat dalam sebuah perkenalan. Saling bertanya masih jomblo atau sudah punya pasangan, dan masih banyak lagi. Akan teTapi sayang sekali waktu saya sudah habis, jadi pada kesempatan ini saya akhiri sampai disini dulu ya.

Meskipun tulisannya sedikit semoga banyak manfaatnya. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke media sosial facebook, twitter dsb, karena berbagi itu indah. Hihi. Sekian Terimakasiiih (..Gomapseumnida..)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar