Skip to main content
Goomell

follow us

Cara Melacak Kiriman Barang Dengan Nomor Smu



Melacak Kiriman Barang Dengan Nomor Smu biasanya akan dilakukan oleh seseorang yang melakukan pengiriman barang dengan service Port To Port, karena dengan menggunakan nomor smu untuk cek status pengiriman adalah salah satunya cara paling tepat untuk mendapatkan data yang akurat dari Jasa Cargo bandara yang digunakan. Apakah anda sudah paham tentang apa yang di sebut nomor SMU dan cara Cek Nomor Smu Cargo? Jika belum, maka baca artikel ini dengan cermat agar bisa memahami sepenuhnya tentang proses pengiriman barang meggunakan jasa cargo Port To Port.

Sebelum kita Cek Nomor smu, alangkah baiknya jika kita memahami tentang Apa itu Nomor SMU, dan bagaimana cara mendapatkan nomor SMU tersebut. SMU adalah kepanjangan dari Surat Muatan Udara, dan Nomor SMU adalah nomor unik yang tertera pada lembaran surat tersebut, nomor smu didapatkan dari system cargo Airline pada saat melakukan booking untuk barang-barang kiriman. Semua barang yang dikirim dengan cargo Pesawat harus menggunakan surat muatan udara yang sudah di booking sesuai load dan jadwal penerbangannya untuk semua proses masuk gudang bandara hingga masuk dalam bagasi pesawat.

Nomor SMU juga digunakan untuk pengambilan barang kiriman ketika sudah sampai di bandara tujuan. Untuk cek status pengiriman barang yang dikirim langsung melalui Cargo bandara maka kita juga menggunakan nomor SMU tersebut. Nomor SMU hampir sama dengan nomor resi, cuma bedanya kalau nomor resi biasanya kita dapat dari jasa pengiriman ekspedisi sedangkan nomor SMU kita dapat langsung dari jasa Cargo Airline. Bagi anda yang ingin Melacak Kiriman Barang Dengan Nomor Smu maka saya sarankan Anda sudah memiliki nommor SMU tersebut, jika belum maka segera hubungi layanan jasa Cargo yang anda gunakan.

Disini saya juga akan memberikan daftar Pesawat Penerbangan di indonesia yang melayani jasa muatan cargo Udara / Pengiriman Barang. Di antaranya adalah
  • Garuda Indonesia
  • Lion Air
  • Sriwijaya
  • Citilink
  • Air Asia
Dari daftar di atas, Jasa Muatan Udara yang mana yang anda gunakan. Karena di setiap Maskapai penerbangan di atas memiliki System Cargo Tracking yang berbeda-beda. jadi untuk melacak Barang Kiriman anda, Pastikan dulu pesawat yang anda gunakan untuk mengirim barang Anda sebelumnya.

Selanjutnya jika anda sudah memiliki Nomor smu, silahkan gunakan nomor smu untuk melacak kiriman Anda. Jika Anda menggunakan Lion Air maka silahkan cek Nomor smu tersebut di system Cargo Lion Air yang sebelumnya juga sudah saya jelaskan, Bagi yang belum tau caranya silahkan baca artikel sebelumnya yang sudah membahas tentang Cara Cek Nomor Smu Cargo Lion Air. Tapi Cargo Lion Air saat ini memiliki dua system yang masih berjalan, Untuk beberapa daerah tujuan masih menggunakan system cargo yang lama dan sebagian sudah bisa menggunakan system cargo yang baru.

Jika Anda menggunakan Pesawat Garuda Indonesia, langkahnya juga sama silahkan cek No Smu di system Tracking Garuda Indonesia. Cara yang lebih detailnya akan saya bahas di artikel selanjutnya. Untuk Cargo Sriwijaya, Citilink, Air Asia, anda silahlan kunjungi system cargo Tracking Masing-masing untuk melacak kiriman barang dengan nomor SMU yang sudah anda miliki. Sebagai contoh hasil dari cek Nomor SMU silahkan lihat gambar Dibawah ini, saya mengambil gambar dari hasil Tracking AWB Garuda.


Dari hasil tracking AWB / Nomor SMU, akan muncul beberapa status yang menjelaskan keberadaan barang Kiriman anda. Diantaranya adalah BKD, RCS, PRE, MAN, DEP, ARR dan RCF. Apakah anda sudah paham dari keterangan status tersebut? jika belum berikut saya jelaskan tentang arti keterangan status pengiriman yang muncul saat cek Nomor SMU.
  1. BKD ( Booked Confirmed )
    Arti status Tracking SMU BKD adalah menjelaskan bahwa Booking sudah di konfirmasi.
  2. RCS ( Shipment Accepted )
    Arti Status SMU RCS adalah memberikan keterangan bahwa barang kiriman sudah di terima di Gudang cargo Bandara asal.
  3. PRE ( Pre-Manifested )
    Arti Pre-Manifested dalam istilah tracking smu adalah menjelaskan bahwa barang kiriman sudah siap dan akan segera di Manifestkan.
  4. MAN ( Manifested )
    Arti keterangan status MAN adalah menjelaskan bahwa kiriman sudan dimanifestkan.
  5. DEP ( Departed )
    DEP / Departed menjelaskan bahwa barang sudah berangkat dari bandara asal.
  6. ARR ( AWB Arrived )
    Jika status dalam cek smu sudah muncul ARR, itu berarti barang kiriman sudah sampai di bandara tujuan.
  7. RCS ( Received From Flight )
    Status RCS menjelaskan bahwa barang anda sudah diambil / sudah di terima dari penerbangan dan sudah di tangan penerima.
Nah... sampai disini saya rasa anda sudah paham tentang bagaimana Cara Melacak Kiriman Barang Dengan Nomor Smu. Semoga membantu

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar